Symetric

Tempat belajar SEO (Search Engine Optimization), Web Design, Web Development, dan Internet Marketing. Begabunglah dengan komunitas Developer Indonesia.

6 Cara Mudah Mempercepat Situs WordPress Anda



Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang alasan mengapa harus memiliki situs yang cepat. Saya yakin, setelah menggunakan cara-cara mudah yang tertulis dibawah, situs Anda akan menjadi lebih cepat daripada sebelumnya. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskan komentar. 

Index

  • Memilih server terdekat dengan target pengunjung situs
  • Menggunakan themes yang enteng
  • Gunakan CDN (Content Delivery Network)
  • Memperkecil Ukuran Gambar
  • Kompresi file Javascript dan CSS
  • Hanya menggunakan plugin yang penting

1. Memilih server terdekat dengan target pengunjung situs

Jika Anda mempunyai penunjung yang berasal dari negara Indonesia, maka Anda harus menyewa server yang berbasis di Indonesia. Pilih server IIX pada saat Anda melakukan pemesanan hosting.
Namun, jika target Anda adalah pengunjung yang berasal dari luar negri seperti Amerika misalnya, Anda bisa mencari hosting yang mempunyai server di Amerika Serikat. Kenapa demikian? karena server terdekat akan lebih dekat jaraknya dengan pengunjung yang menjadikan kecepatan akses situs juga lebih lancar dan jelas lebih cepat.

2. Menggunakan themes yang enteng

Banyak themes yang terlihat sangat indah dilihat, namun setelah di install ternyata sangat berat sekali dan mempengaruhi performa situs wordpress Anda. Hal itu tentu sangat menyakitkan dan berimbas pada pengunjung yang kapok untuk mengunjungi situs Anda lagi. Saya menyarankan untuk menggunakan themes berkualitas tinggi seperti Genesis, Divi, Themify. Solusi lainnya adalah, menggunakan Themes bawaan Wordpress (TwentyTwelve) Anda dapat mendownload child-theme nya disini.

3. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

CDN sangat membantu meningkatkan kecepatan situs WordPress. Untuk pengunjung situs yang masih belum banyak, Anda bisa menggunakan Cloudflare. Namun, jika pengunjung situs telah melebihi 100rb/bulan, Anda dapat memilih alternatif untuk menyusutkan biaya dengan menggunakan MaxCDN atau KeyCDN.

4. Kompresi gambar pada Situs WordPress Anda

Jgn di kompres satu-satu gan, lama. Cara cepatnya adalah dengan menggunakan plugin yang dibuat oleh WPMUDev yaitu WP Smush. Plugin tersebut dapat meng-kompresi gambar-gambar dengan otomatis dengan hanya meng-klik 1 tombol. Ingat, jika Anda tidak menggunakan plugin premium, Anda akan membutuhkan 5x pencet tombol untuk memperkecil ukuran gambar, karena setiap 1x klik hanya dapat meng-kompresi 50 gambar saja.

5. Kompresi file-file Javascript dan CSS

Gunakan plugin seperti Autoptimize, WP Fast Cache, atau W3C untuk melakukan hal seperti ini.
Pilih salah satunya saja, tidak usah di install semua nya. Untuk saat ini saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan Autoptimize.

6. Hanya memasang dan menggunakan plugin-plugin yang dibutuhkan saja

Jangan sekali-kali Anda menggunakan plugin yang tidak berguna seperti Hello Dolly. atau menggunakan plugin-plugin yang fungsinya sama secara bersamaan. Ada baiknya Anda memilih salah satu dari yang terbaik.

Sekian dan terima kasih, semoga membantu.
Akhir kata, wassalamuaikum.

0 komentar:

Post a Comment